Mengapa Sosial Media Google Plus (G+) Diberhentikan? Simak Jawabannya Disini

Mengapa Sosial Media Google Plus (G+) Diberhentikan? Simak Jawabannya Disini

Mengapa Layanan Google Plus Dihentikan?

Kabar mengejutkan datang dari salah satu sosial media kenamaan, Google Plus. Dimana pada beberapa waktu yang lalu, pihak Google Plus memberikan pengumuman serta peringatan mengenai pemberhentian layanannya.

Kabar ini pada awalnya saya ketahui melalui kotak masuk email saya, yang isinya membicarakan mengenai pemindahan akun serta Backup akun Google Plus.

Karena saya merasa kurang percaya bahwa layanan Google Plus akan ditutup, sontak saja saya langsung membuka sosial media tersebut.

Dan benar saja, terpampang jelas pada halaman awal Google Plus yang memberitahukan bahwa layanan Google Plus akan dihentikan pada 2 April 2019.

Melihat hal ini, saya sebagai salah satu pengguna setia Google Plus langsung berusaha mencari tahu sebab-sebab apa yang membuat diberhentikannya sosial media satu ini.

Dan pada akhirnya saya menemukan 3 jawaban, mengapa layanan Google Plus diberhentikan:

1. Pengguna Yang Sedikit

Alasan pertama yang saya temui dan banyak diulas pada media-media lainnya adalah karena faktor jumlah pengguna.

Dimana saat ini jumlah pengguna Google Plus menurun drastis setiap tahunnya.

Walau pada awalnya sosial media ini disambut dengan hangat oleh para penggunanya, bahkan
dikatakan pada tahun 2014 jumlah penggunanya mencapai 100 juta.

Namun sayang sekali penurunan jumlah pengguna ini semakin berkurang dari tahun ke tahun, bahkan yang lebih parahnya lagi saat ini jumlah pengguna aktif Google Plus setiap harinya hanya berkisar 3,5 juta pengguna saja dari jumlah total akun yang terdaftar.

2. Kebocoran Data

Faktor penyebab kedua, yaitu mengenai keamanan data. Telah tercatat adanya beberapa kebocoran data pengguna Google Plus sejak tahun 2015.

Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kenyamanan para penggunanya, dan tentunya akan membuat pengguna merasa kurang aman menggunakan sosial media ini.

Alhasil kini orang-orang mulai beralih ke sosial media lainnya yang dianggap memiliki layanan keamanan yang lebih baik.

3. Waktu Aktif Pengguna Yang Singkat

Dikutip dari Mastekno mengenai pernyataan Vice President of Engineering Ben Smith mengenai rata-rata masa aktif pengguna Google Plus yang sangat singkat yaitu hanya berkisar kurang dari 5 menit.

Jadi dapat disimpulkan bahwa minat masyarakat untuk bersosial di Google Plus sudah sangat menurun.

Penutup

Nah demikianlah beberapa alasan singkat mengapa layanan Google Plus akan diberhentikan. Semoga kita bisa mengambil hikmah dibalik peristiwa ini ya.

Oh ya, bagikan pula artikel ini ke teman-teman anda di sosial media ya, agar mereka juga tahu informasi yang bermanfaat ini.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Leave a Reply