Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah hubungan antara beberapa komputer untuk saling bertukar data atau sumber daya, adanya jaringan komputer ini tentunya tidak terlepas dari perangkat-perangkat jaringan.

Perangkat-perangkat jaringan adalah bagian yang bisa dibilang merupakan struktur pembangun jaringan komputer tersebut. Tanpa adanya perangkat ini maka, jaringan komputer akan sulit dibangun.

Ada banyak jenis perangkat jaringan yang bisa anda gunakan untuk membangun jaringan komputer, salah satu yang paling sering kita gunakan adalah kabel UTP.

Selain kabel UTP tentunya masih ada banyak perangkat jaringan lainnya yang tidak kalah penting, nah mungkin bagi anda anak TKJ atau IT Networking mungkin sudah tidak asing lagi bukan?

Memangnya kenapa sih kita harus memahami perangkat-perangkat jaringan komputer?

Sebenarnya pemahaman mengenai perangkat jaringan komputer ini tidak diharuskan untuk dipahami semua, namun jika anda mampu memahami semua perangkat tersebut maka nantinya dalam praktik kehidupan sehari-hari anda tidak akan bingung lagi.

Khususnya bagi anak TKJ ataupun IT Networking yang memang notabene berurusan dengan jaringan. Tentunya pemahaman akan perangkat jaringan ini sangatlah penting.

Nah bagi anda yang ingin memahami dan mempelajari apa-apa saja perangkat jaringan yang perlu anda ketahui, berikut telah saya rangkum pembahasannya dibawah ini:

1. LAN Card

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

LAN Card adalah sebuah perangkat kecil yang tergabung kedalam bagian CPU, dimana fungsi dari LAN Card adalah untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dengan menggunakan media kabel.

Beberapa jenis kabel jaringan yang sering dihubungkan dengan LAN Card adalah kabel UTP dan STP. Untuk jenis kabel jaringan lain, seperti Coaxial dan Fiber Optic sangat tidak mungkin bisa terhubung dengan LAN Card.

LAN Card sendiri pada umumnya sering digunakan pada jaringan LAN (Local Area Network), dimana di dalam jaringan tersebut terdapat beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama lain.

Nah selain itu, LAN Card juga bertugas sebagai media untuk mengubah arus data dari bentuk pararel menjadi serial, sehingga nantinya bisa di transmisikan melalui media kabel (UTP).

2. Router

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Router merupakan sebuah alat dalam jaringan komputer yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara dua jaringan yang berbeda.

Maksud dari dua jaringan yang berbeda adalah, yakni mampu menghubungkan jaringan yang memiliki ip 10.10.0.1 dengan jaringan lain seperti yang memiliki ip 192.168.0.1.

Router bisa menghubungkan berbagai macam kelas ip yang berbeda-beda, tanpa adanya masalah. Dengan begitu, maka dua atau lebih komputer yang berbeda ip bisa saling berhubungan.

Cara kerja Router adalah meneruskan paket-paket data dan membagi beberapa jaringan menjadi beberapa segmen, ataupun menyatukan segmen-segmen jaringan itu.

3. Kabel Jaringan

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Kabel jaringan merupakan sebuah media yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer agar dapat saling bertukar data ataupun sumber daya.

Ada banyak jenis kabel jaringan, diantaranya yaitu:

  • UTP
  • STP
  • Coaxial
  • Fiber Optic

Dari beberapa jenis kabel tersebut, yang merupakan kabel jaringan paling sering digunakan adalah kabel UTP. Kabel ini biasanya digunakan pada jaringan LAN.

4. HUB

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Hub adalah sebuah perangkat yang memiliki banyak port, port-port ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada pada satu jaringan.

Fungsi dari HUB adalah untuk mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain yang masih dalam jaringan yang sama.

Hub akan menerima sinyal paket data dari satu komputer dan akan ditransmisikan ke komputer tujuan, dengan cara mengirim paket data ke seluruh komputer.

Jadi paket data tadi tidak langsung masuk ke komputer tujuan, melainkan harus mencocokkan terlebih dahulu ke banyak komputer yang ada pada jaringan tersebut.

Hal ini tentunya kurang efisien dan bisa mengakibatkan tabrakan arus data (Collision).

5. Switch

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Switch merupakan pengembangan lanjutan dari HUB. Fungsi dari perangkat Switch ini sama dengan HUB yaitu mentransmisikan paket data.

Karena merupakan pengembangan dari HUB, maka Switch sendiri memiliki banyak kelebihan dibandingkan HUB. Seperti mampu mentransmisikan data langsung ke tujuan.

Switch juga punya kecepatan transfer data yang lebih cepat serta memiliki area jangkauan yang lebih besar dari pada HUB.

Selain itu paket data yang akan ditransmisikan melalui Switch akan di filter atau disaring terlebih dahulu sebelum dikirim ke tujuan, hal ini dilakukan untuk tetap mempertahankan keamanan jaringan.

6. Access Point

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Access Point merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan berbeda, yaitu jaringan LAN dan jaringan Wireless.

Access Point atau yang sering disebut AP ini memiliki dua bagian yang berbeda, yaitu Antena dan Transceiver.

Antena pada Access Point berfungsi sebagai alat untuk menangkap atau menerima sinyal, sedangkan Transceiver digunakan untuk mentransmisikan data ke client secara Wireless.

7. Wireless Card

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat atau device dalam satu jaringan tanpa menggunakan kabel (Wireless).

8. Bridge

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Bridge memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Router, yakni membuat sebuah segmen sekaligus memperluas cakupan area jaringan.

Cara kerja Bridge adalah dengan mengidentifikasi alamat MAC yang akan mengirim paket data, kemudian Bridge akan membuat kabel internal secara otomatis untuk menentukan segmen mana yang akan di routing atau di filter.

9. Modem

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana fungsi dari Modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi analog ataupun sebaliknya.

Karena pada umumnya sinyal data yang di berikan pada komputer berbentuk sinyal digital, maka ketika Modem menerima sinyal analog, maka ia akan mengubahnya terlebih dahulu agar menjadi sinyal digital.

10. Repeater

Jenis-Jenis Perangkat Pada Jaringan Komputer

Repeater bisa anggap sebagai sebuah perangkat yang sangat membantu dalam penyebaran sinyal wi-fi. Sebab fungsi dari Repeater ini yaitu untuk memperluas jangkauan sinyal wi-fi.

Repeater akan menerima sinyal wi-fi dari perangkat server yang ada, dan kemudian akan memancarkannya kembali sinyal tersebut dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih kuat.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai perangkat-perangkat yang ada pada jaringan komputer. Dengan membaca ulasan diatas, maka pemahaman anda mengenai jaringan akan semakin luas.

Mempelajari dan memahami perangkat pada jaringan juga merupakan hal yang penting terutama untuk anda yang bekerja pada bidang IT Networking, ataupun anda yang belajar di kejuruan TKJ.

Nah mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Leave a Reply