Cara Menyalin/Copy File Besar Di PC/Laptop Dengan Sangat Cepat (TeraCopy)

Cara Menyalin/Copy File Besar Di PC/Laptop Dengan Sangat Cepat (TeraCopy)

Kegiatan menyalin atau mengcopy file dari satu perangkat ke perangkat lainnya mungkin sudah sangat familiar anda lakukan.

Salah satu contoh sederhana dari kegiatan copy file adalah menyalin suatu file dari komputer ke perangkat external seperti Flashdisk.

Menyalin file atau copy file bisa menjadi sebuah kegiatan yang membosankan sekaligus menjengkelkan, sebab kadangkala terdapat beberapa jenis file yang membutuhkan waktu proses penyalinan sangat lama.

Sebenarnya cepat atau lambatnya proses copy pada file ini tergantung pada besarnya kapasitas file yang akan disalin. Semakin besar ukuran file, maka semakin lama proses penyalinannya.

Hal ini seringkali dirasakan ketika akan menyalin file-file dengan kapasitas ukuran lebih dari 1GB.

Nah untuk mengatasi lamanya proses copy file ini, anda bisa menggunakan sebuah software khusus yang bernama TeraCopy.

TeraCopy sendiri merupakan sebuah software yang didesain secara khusus untuk mempercepat proses penyalinan file-file berukuran besar.

Jadi anda tidak perlu lagi membuang waktu berjam-jam hanya untuk mengcopy suatu jenis file saja.

Agar anda bisa lebih mengenal software TeraCopy ini, berikut telah saya deskripsikan beberapa
kelebihan yang dimiliki software TeraCopy:


Penyalinan File Lebih Cepat & Efisien

Software TeraCopy memiliki kemampuan yang cukup berbeda dalam melakukan proses penyalinan file dengan kebanyakan program penyalin file pada Windows.

TeraCopy dikembangkan dengan menggunakan metode penyalinan yang sangat efisien sehingga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan penyalinan/copy file dengan sangat cepat.


Integrasi Shell

Setelah di install TeraCopy akan secara otomatis menggantikan program penyalinan file bawaan Windows.

Namun jika anda masih ingin menggunakan program layanan Windows, anda bisa menonaktifkan TeraCopy untuk sementara waktu.


Support Pause And Resume

TeraCopy juga memiliki fitur pause dan resume saat melakukan penyalinan file. Jadi apabila anda ingin menghentikan proses penyalinan/copy file sementara waktu, maka anda bisa menekan tombol pause.

Dan ketika anda yakin untuk melanjutkan kembali proses copy file ini, maka anda hanya perlu menekan tombol resume yang tersedia.


Informasi Lebih Rinci

Pada saat anda akan melakukan proses copy file, maka TeraCopy ini akan secara otomatis menampilkan semua rincian informasi yang kalian inginkan.

Rincian yang bisa anda dapatkan seperti: sesi waktu yang dibutuhkan untuk menyalin file, kapasitas file yang akan ditransfer, hingga informasi mengenai kecepatan proses transfer file.

Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana cara menggunakan software TeraCopy ini, berikut adalah cara instalasi dan penggunaannya:

  1. Download dan install software TeraCopy melalui situs berikut: Unduh TeraCopy
  2. Lakukan instalasi seperti software pada umumnya
  3. Setelah proses installasi selesai, silahkan lakukan proses penyalinan file
  4. Pilih file yang ingin di salin (CTRL+C)
  5. Tentukan lokasi penempatan file, kemudian pastekan file tersebut (CTRL+V)
  6. Maka secara otomatis, software TeraCopy akan bekerja

Penutup

Nah dengan menggunakan software TeraCopy ini maka anda bisa menghemat waktu yang anda butuhkan untuk copy file menjadi lebih cepat.

Anda juga bisa menyalin suatu jenis file dengan ukuran besar hanya dalam waktu yang singkat.

Baiklah, mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat ya, terimakasih dan sampai jumpa.

Leave a Reply