5 Faktor Penyebab Laptop Menjadi Lemot/Lambat

5 Faktor Penyebab Laptop Menjadi Lemot/Lambat

Laptop yang lemot atau lambat pastinya akan sangat mengganggu, sebab setiap pekerjaan akan direspon secara lambat oleh Laptop.

Hal semacam ini pastinya akan membuat produktifitas anda ikut terhambat. Terlebih lagi bagi anda yang pekerjaannya berurusan dengan Laptop.

Sebenarnya, hal apa sih yang menjadi lemot? dan bagaimana sih cara mengatasi Laptop yang lemot?

Untuk menjawab kedua pertanyaan diatas, pada dasarnya kita hanya perlu menentukan faktor penyebab dari Laptop yang lemot. Kita harus mengerti apa penyebabnya terlebih dahulu.

Dan ketika kita sudah mengetahui apa saja faktor penyebabnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan/pencarian solusi.

Nah untuk memudahkan anda dalam mengatasi masalah ini, maka saya telah merangkum 5 faktor penyebab Laptop menjadi lemot, yang juga disertai dengan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada pembahasan dibawah ini:

1. Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi

Aplikasi pada perangkat Laptop/PC merupakan sebuah kewajiban, sebab tanpa adanya aplikasi maka kinerja Laptop tidak akan optimal.

Menginstall aplikasi yang mendukung aktifitas memang sangat membantu, namun lain halnya bila anda menginstall terlalu banyak aplikasi. Bukannya membantu, malahan membuat Laptop menjadi lemot.

Alasan yang paling masuk akal mengapa ketika kita terlalu banyak menginstall aplikasi menjadikan Laptop lemot adalah karena penggunaan RAM berlebih.

Program aplikasi yang di install pastinya akan memakan ruang RAM yang ada, dan semakin banyak aplikasi yang di install, maka semakin banyak pula ruang RAM yang diperlukan.

Oleh sebab itu, ketika kondisi ruang RAM telah penuh namun tetap dipaksa untuk membuka aplikasi, maka Laptop akan menjadi lemot dan sulit digunakan.

Untuk mengatasi Laptop yang lemot karena terlalu banyak menginstall aplikasi caranya sangat mudah, yaitu dengan melakukan uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak berguna.

Anda bisa melakukan uninstall aplikasi melalui layanan Control Panel, caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih Program>>Uninstall a Program
  3. Kemudian cari nama aplikasi yang akan di uninstall
  4. Klik kanan pada aplikasi tersebut, lalu pilih “Uninstall
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses uninstall selesai


2. Spesifikasi Laptop Yang Kurang Memadai

Faktor penyebab Laptop menjadi lemot selanjutnya adalah bisa disebabkan oleh Spesifikasi dari Laptop anda sendiri.

Jika Spesifikasi Laptop kurang memadai, maka akan berakibat pada Laptop yang lemot.

Spesifikasi Laptop pada dasarnya merupakan faktor utama yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli Laptop, sebab tinggi rendahnya spesifikasi akan berpengaruh pada kinerja Laptop.

Apabila Spesifikasi Laptop anda tergolong rendah(low), maka ketika anda membuka beberapa program aplikasi mungkin akan menjadi Lemot/Lambat.

Oleh sebab itu, untuk anda yang ingin membeli Laptop baru alangkah baiknya anda memperhatikan secara detail mengenai Spesifikasi dari Laptop tersebut.

3. Virus

Virus yang masuk pada perangkat Laptop bisa mengakibatkan Laptop tersebut menjadi lemot, error, atau bahkan bisa berakibat pada kerusakan fatal.

Virus pada Laptop bisa datang dari mana saja, internet merupakan salah satu saluran penyebaran Virus yang paling sering terjadi.

Oleh sebab itu pastikan anda memasang aplikasi antivirus terpercaya.

Dengan adanya aplikasi antivirus yang baik, maka penanganan dan pengamanan perangkat dari serangan Virus juga akan semakin baik.

Beberapa software aplikasi antivirus terbaik yang paling banyak dipakai saat ini adalah:

  • SMADAV
  • Avira
  • Nero
  • AVG
  • Avast
  • dan masih banyak lagi

4. File Sampah Yang Menumpuk

File sampah adalah salah satu jenis file yang sudah tidak terpakai dan tidak memiliki kegunaan lagi, file ini biasanya berupa cache aplikasi yang sudah terhapus ataupun data dari aplikasi itu sendiri.

Pada dasarnya file sampah tidak memiliki ukuran/size yang besar, namun yang menjadi permasalahan adalah jumlah dari file itu sendiri.

File sampah biasanya memiliki jumlah yang tidak sedikit.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan file sampah adalah dengan menghapusnya, namun tidak secara manual.

Disini anda bisa mencoba menggunakan aplikasi CCleaner.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka penghapusan file sampah akan lebih cepat dan efisien, sebab proses penghapusan tidak dilakukan secara manual lagi.

5. Kerusakan Hardware

Laptop yang lemot bisa juga diakibatkan oleh adanya kerusakan internal dari hardware Laptop itu sendiri, bisa saja ada beberapa komponen yang error ataupun rusak.

Kerusakan komponen pada Laptop pastinya akan berdampak pada kinerja sistem itu sendiri, bisa saja Laptop menjadi error, hang, lag ataupun force close.

Untuk menghindari hal seperti itu maka anda harus lebih memperhatikan kondisi Laptop anda, baik secara fisik maupun logik, baik secara hardware maupun software.

Minimal lakukanlah perawatan dan pembersihan komponen Laptop setiap 1 bulan sekali.

Penutup

Demikian pembahasan ringan mengenai 5 faktor penyebab Laptop menjadi Lemot/Lambat.

Dengan mengenali kelima faktor penyebab tersebut, maka akan membantu anda dalam merawat Laptop dengan baik.

Pada dasarnya kondisi Laptop yang lemot itu berasal dari penggunaan internal user sendiri, jadi anda harus pandai-pandai dalam menggunakan Laptop anda.

Semoga informasi yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Leave a Reply