3 Alasan Mengapa Harga Kartu Grafis (VGA) Semakin Mahal

3 Alasan Mengapa Harga Kartu Grafis (VGA) Semakin Mahal

VGA atau yang biasa disebut sebagai kartu grafis, adalah sebuah hardware atau perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan grafis pada layar komputer.

Perangkat satu ini menjadi salah satu perangkat terpenting dari sebuah komputer, karena tanpa adanya VGA ini, maka komputer tidak akan mampu berjalan dengan baik.

Nah tahukah kamu bahwa baru-baru ini harga dari kartu grafis telah mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Mengapa hal ini bisa terjadi? berikut adalah 3 alasan utama yang menjadi faktor kenaikan harga kartu grafis:

1. Akibat Penambang Bitcoin

Selain berfungsi sebagai alat penampil grafis, disisi lain VGA atau kartu grafis juga sering dipakai dalam kegiatan pertambangan Bitcoin (mata uang virtual).

Karena dalam melakukan penambangan Bitcoin atau cryptocurrency minning tentunya dibutuhkan beberapa komponen seperti CPU dan VGA.

Yang mana biasanya para penambang tidak hanya menerapkan 1 atau 2 alat saja, melainkan sampai puluhan alat.

Jadi untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dari adanya kegiatan penambangan ini, mereka harus membeli sebanyak-banyaknya alat tempur (CPU & VGA).

Akibatnya pasokan pasar untuk hardware kartu grafis pun berkurang drastis. Efek lainnya adalah melonjaknya harga kartu grafis.

2. Pajak Yang Besar

Walaupun sudah ada beberapa vendor kartu grafis di Indonesia, namun hal ini bukan berarti bisa memenuhi kebutuhan konsumen ya.

Oleh sebab itu, demi memenuhi pangsa pasar. Para pedagang pun harus mengimpor produk-produk kartu grafis dari dari luar.

Dan perlu diketahui pula, bahwa setiap distribusi produk akan dikenai pajak, nah untuk jumlah pajak sendiri bisa ditentukan dari jumlah produk, berat, dan biaya transportasi.

Jika permintaan kartu grafis dari dalam negeri semakin meningkat, itu artinya proses impor barang juga akan meningkat, akibatnya pajak yang dikenakan juga ikut naik.

3. Kurs Mata Uang Yang Tidak Stabil

Acuan mata uang di Indonesia adalah Dollar, sedangkan mata uang negara indonesia adalah Rupiah.

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa kurs Dollar baru-baru ini telah mengalami kenaikan yang signifikan, namun berbeda dengan Rupiah yang justru mengalami penurunan kurs.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab naiknya harga kartu grafis.

Penutup

Demikian adalah 3 faktor penyebab yang menjadikan harga kartu grafis atau VGA melambung tinggi.

Bagaimana menurut anda, apakah ada alasan lain yang mempengaruhi kenaikan harga VGA ini? sampaikan pendapatmu dikolom komentar ya.

Nah mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih dan sampai jumpa.

Leave a Reply