Cara Mudah Melakukan Pengaturan Dasar Pada Blog Di Blogger.com (Mudah+Lengkap)

Cara Mudah Melakukan Pengaturan Dasar Pada Blog Di Blogger.com (Mudah+Lengkap)

Melakukan pengaturan atau setting pada suatu blog merupakan langkah wajib yang perlu dilakukan sebelum blog benar-benar siap untuk digunakan.

Karena pada pembahasan yang lalu, kita telah belajar mengenai cara mudah membuat blog dengan memanfaatkan layanan situs Blogger.com. Maka pada kesempatan kali ini pembahasan akan saya lanjutkan yaitu mengenai cara melakukan settingan dasar pada blog.

Settingan dasar ini meliputi banyak hal, seperti deskripsi blog, jumlah postingan yang akan muncul di homepage, komentar, dan sebagainya.

Manfaat dari kegiatan melakukan settingan pada blog tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan kualitas blog di mata mesin pencarian (search engine), selain itu blog yang memiliki pengaturan yang baik, pastinya akan lebih disukai pengunjung, serta lebih terlihat profesional.

Nah untuk melakukan pengaturan dasar pada blog itu sendiri bisa dilakukan melalui menu “Setting” yang terdapat di dashboard situs Blogger.com.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, marilah kita bahas panduan setting dasar blog berikut ini:

Langkah awal yang harus anda lakukan pertama kali adalah dengan mengunjungi situs Blogger.com, kemudian dilanjutkan dengan login/masuk melalui akun Google anda.

Jika sudah, silahkan buka menu “Setting” pada dashboard Blogger yang terletak dibagian bawah. Seperti yang anda lihat, bahwa menu setting blog ini terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  • Settingan Dasar
  • Postingan, Komentar, dan Berbagi
  • Email
  • Bahasa dan Pemformatan
  • Preferensi Penelusuran
  • Lainnya
  • Setelan Pengguna

Untuk memudahkan kita dalam melakukan pengaturan pada blog, maka alangkah baiknya kita memulai pengaturan dari yang paling dasar.

Pengaturan Dasar Blog


Silahkan masuk pada setelan/settingan dasar, maka akan anda temui pada bilah layar sebelah kanan terdapat beberapa macam submenu pengaturan, yang meliputi:

1. (Dasar)

  • Judul
  • Deskripsi
  • Privasi

Keterangan:

Menu Dasar merupakan menu settingan yang paling mendasar dari suatu blog, dimana menu pengaturan ini terbagi menjadi beberapa pengaturan, yaitu: Judul, Deskripsi dan Privasi.

Untuk melakukan pengaturan pada menu ini, silahkan isi sesuai keterangan berikut:

A. Judul:  

Merupakan menu pengaturan yang digunakan untuk mengatur judul dari suatu blog, silahkan isi menu ini dengan judul blog anda.


B. Deskripsi:

Menu berikutnya digunakan untuk memberikan keterangan/deskripsi pada suatu blog. Jika menu ini di isi, maka tulisan tersebut akan muncul pada bagian bawah header suatu blog.

Namun menu ini bersifat opsional, artinya boleh di isi dan juga boleh tidak di isi. Jika anda ingin memberikan deskripsi didalam blog anda, silahkan isi menu ini dengan tulisan yang singkat, padat dan jelas.


C. Privasi:

Menu privasi digunakan untuk mengatur apakah konten yang tersedia didalam blog bisa dilihat oleh orang banyak atau hanya orang-orang tertentu saja.

Pada menu ini, saya lebih merekomendasikan anda untuk memberikan pengaturan sebagai berikut: Silahkan klik “edit” pada menu Privasi, maka akan tersedia 2 opsi, yaitu:

  • Tambahkan blog anda kecantuman kami? (silahkan pilih “Ya”)
  • Biarkan mesin pencari menemukan blog anda? (silahkan pilih “Ya”)


2. (Publikasi)

  • Alamat Blog

Keterangan:

Menu pengaturan Publikasi digunakan untuk mengatur alamat blog anda (URL/Link atau Domain). Untuk melakukan settingan pada menu ini, anda diharuskan memiliki sebuah nama Domain tersendiri.

Karena kita hanya membahas mengenai pengaturan dasar  pada blog, maka untuk langkah pengaturan pada menu ini, silahkan abaikan saja.


3. (HTTPS)

  • Pengalihan HTTPS

Keterangan:

Menu pengaturan HTTPS digunakan untuk memberikan pengaturan alamat URL pada suatu blog. Dimana ada dua opsi yang diberikan di menu ini, yaitu menggunakan HTTPS atau menggunakan HTTP.

Untuk melakukan pengaturan pada menu ini, pastikan anda memilih menggunakan pengaturan berupa HTTPS, dengan memastikan opsi di bagian samping bilah kanan tertulis “Ya”.


4. (Izin)

  • Penulis Blog
  • Pembaca Blog

Keterangan:

Menu berikutnya ini digunakan untuk mengatur siapa saja penulis (author/moderator ataupun admin) yang berhak berada di situs blog.

Menu ini juga menyediakan layanan pengaturan privasi pada blog, jadi anda bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat blog anda.

Untuk melakukan settingan di menu ini, silahkan perhatikan keterangan berikut:

A. Penulis Blog:

Abaikan saja, tidak perlu diubah.


B. Pembaca Blog:

Ada beberapa pilihan disini, yaitu : Publik, Pribadi (khusus penulis blog), dan Pribadi (khusus pembaca ini). Silahkan pilih saja, Publik.

Nah setelah itu, kita beralih ke menu pengaturan berikutnya, yaitu pengaturan postingan, komentar dan berbagi. Untuk panduan settingannya bisa anda lihat dibawah ini:

Pengaturan Postingan, Komentar, dan Berbagi


Menu pengaturan selanjutnya ini digunakan untuk mengatur semua hal mengenai Postingan, Komentar dan Berbagi. Dimana menu ini dibagi lagi menjadi 2 submenu, yaitu:

1. (Postingan)

  • Tampilkan sebanyak mungkin:
  • Template Entri:
  • Tampilkan gambar dengan Lightbox:

Keterangan:

Menu Postingan, digunakan untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan postingan atau konten blog anda. Untuk melakukan pengaturan pada menu ini, bisa lihat dibawah ini:

A. Tampilkan sebanyak mungkin:

Digunakan untuk menentukan jumlah postingan yang akan muncul di halaman utama blog (homepage), silahkan anda atur sesuai selera masing-masing. Untuk rekomendasinya, saya lebih memilih 10 artikel.


B. Template Entri:

Untuk menu ini silahkan abaikan saja.


C. Tampilkan gambar dengan Lightbox:

Digunakan untuk memberikan efek cahaya pada sisi gambar/foto yang kita sisipkan pada postingan. Silahkan pilih saja “Ya”.


2. (Komentar)

  • Lokasi Komentar:
  • Siapa yang dapat mengomentari:
  • Moderasi Komentar:
  • Tampilkan Verifikasi kata:
  • Pesan Formulir Komentar:

Keterangan:

A. Lokasi Komentar:

Digunakan untuk mengatur bagaimana pembaca dapat melakukan interaksi terhadap postingan blog. Ada beberapa pilihan dalam menentukan Lokasi Komentar, diantaranya: Tersemat, Halaman Penuh, Jendela Pop-up, dan Sembunyikan.

Saya sendiri lebih merekomendasikan anda untuk memilih menggunakan Lokasi Komentar Tersemat, karena dirasa akan lebih memudahkan pengunjung dalam berkomentar nantinya.


B. Siapa yang dapat Mengomentari:

Karena kita membuat sebuah blog untuk dibaca semua orang (publik), maka pilih saja pada “Semua Orang”.


C. Moderasi Komentar:

Digunakan untuk mengatur kelayakan suatu komentar, agar nantinya tidak terjadi yang namanya spam komentar, jadi pilih saja “Selalu”. Namun untuk anda yang ingin memberikan kebebasan untuk pengunjung dalam berkomentar, silahkan pilih “Tidak Pernah”.


D. Tampilkan Verifikasi Kata:

Menu ini biasanya hanya dapat digunakan jika anda, memilih menggunakan Lokasi Komentar Halaman Penuh, jadi karena kita menggunakan Lokasi Komentar Tersemat, maka langkah ini bisa di lewati saja.


E. Pesan Formulir Komentar:

Silahkan abaikan saja, pengaturan pada menu ini.

Pengaturan Email


Pada pengaturan Email ini sebenarnya tidak berpengaruh secara langsung terdapat kinerja suatu blog, dan apabila anda ingin melewati settingan pada menu ini juga tidak masalah, jadi saya memilih untuk tidak membahas panduan setting blog pada menu ini karena dirasa kurang begitu penting, dan pada umumnya settingan yang sudah ada, memang sudah sesuai standar. Jadi untuk apa diubah.

Pengaturan Bahasa dan Pemformatan

Hampir sama dengan menu pengaturan Email, pada menu pengaturan Bahasa dan Pemformatan ini juga bisa dianggap penting-penting tidak, sebab disini anda hanya perlu mengatur bahasa, wilayah dan waktu saja. Maka saya rasa untuk melakukan settingan ini sangatlah mudah, tinggal menyesuaikan saja dengan wilayah tempat kita tinggal.

Pengaturan Preferensi Penelusuran

Menu setting ini digunakan untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan kondisi atau status suatu blog jika di telusuri melalui mesin pencari (Google). Menu ini bisa dikatakan cukup penting, karena akan membuat suatu blog terkesan lebih professional di mata pencari Google.

Pada menu pengaturan ini terdapat beberapa sub pengaturan, diantaranya:


1. (Tag Meta)

  • Deskripsi

2. (Kesalahan dan Pengalihan)

  • Pesan khusus untuk halaman tidak Ditemukan
  • Pengalihan khusus
  • Perayap dan Pengindeksan
  • Google Search Console
  • Robot.txt khusus
  • Tag tajuk robot khusus

3. (Monetisasi)

  • Ads.txt kostum

Keterangan:

A. Tag Meta:

Digunakan untuk memberikan keterangan deskripsi suatu blog, yang mana deskripsi ini akan tampil jika dilihat dari mesin pencari (Google). Letaknya yaitu pada bawah Judul blog atau bawah URL blog.

Silahkan isi menu ini dengan deskripsi singkat yang menjelaskan mengenai isi konten di dalam blog anda.


B. Kesalahan dan Pengalihan:

Untuk menu pengaturan ini, silahkan abaikan saja (lewati).


C. Perayap dan Pengindeksan:

Disini silahkan fokus saja pada sub menu “Tag tajuk robot khusus”, pilih “edit” kemudian sesuaikan dengan gambar berikut:


D. Monetisasi:

Abaikan saja menu pengaturan ini, sebab ini hanya diperuntukan untuk mereka yang sudah bermitra (bekerjasama) dengan jasa periklanan Google Adsense.

Pengaturan Lainnya


Menu ini menyediakan berbagai macam pengaturan lain dari suatu blog, seperti: Impor & Backup, Hapus Blog, Feed Situs, Konten Khusus Dewasa, Google Analitycs.

Pengaturan pada menu tidak akan saya bahas, sebab menu ini tidak termasuk kedalam pengaturan dasar suatu blog. Menu ini hanya digunakan untuk para pengguna blog yang sudah memiliki tingkat level tinggi. Jadi untuk pemula, abaikan saja menu ini.


Pengaturan Setelan Pengguna


Digunakan untuk mengatur preferensi akun blogger sang pengguna. Tersedia beberapa sub setting yang tersedia di dalam pengaturan ini, diantaranya:

1. (Umum)

  • Profil Pengguna
  • Gunakan Draf Blogger


2. (Bahasa)

  • Bahasa di Blogger.com

Pada menu pengaturan ini, saya ingin menekankan bahwa pembahasan kita akan lebih terfokus pada menu Umum>>Profil Pengguna, dimana menu ini digunakan untuk mengatur profil anda didalam blog. Tersedia 2 opsi disini yaitu: Blogger dan Google+. Silahkan pilih saja Blogger.

Mengapa saya memilih Blogger?

Karena sebentar lagi profil Google+ akan segera dihilangkan (hapus) oleh penyedia layanan blog ini, jadi dari pada nantinya menimbulkan masalah, lebih baik cari aman saja dengan memilih Blogger sebagai profil pengguna.

Penutup

Itu dia panduan lengkap cara menyetting atau melakukan pengaturan dasar pada sebuah blog. Dengan melakukan settingan dasar ini diharapkan blog anda akan semakin berkembang dan terlihat lebih professional ketika digunakan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda sebagai blogger. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan menarik selanjutnya.

Leave a Reply