Daftar Aplikasi Untuk Mengurangi Radiasi Layar Smartphone

Daftar Aplikasi Untuk Mengurangi Radiasi Layar Smartphone

Layar pada smartphone android adalah salah satu bagian paling penting yang memiliki fungsi yang juga sangat penting. Namun tahukah anda bahwa layar tersebut dapat menghasilkan radiasi sinar biru?

Radiasi yang diakibatkan oleh layar smartphone ini memang tidak bisa dirasakan secara langsung saat siang hari, namun sebaliknya radiasi ini akan sangat terasa ketika malam hari.

Pada siang hari, sumber pencahayaan sangatlah banyak oleh sebab itu efek radiasi tidak akan terasa, namun ketika malam hari yang mana kondisi pencahayaan sangat minim, maka efeknya bisa anda rasakan secara langsung.

Apa saja efek yang bisa dirasakan secara langsung dari radiasi smartphone android? salah satu efek dari radiasi tersebut adalah mampu membuat mata menjadi mudah lelah.

Lalu bagaimana cara untuk mengurangi efek radiasi layar android ini?

Beberapa vendor ponsel pintar dunia seperti IOS telah berhasil mengembangkan teknologi terbaru yang bisa mengurangi radiasi pada layar smartphone, fitur tersebut bernama Night Shift.

Karena banyak pengguna smartphone yang tertarik dengan fitur Night Shift milik IOS ini, maka banyak para developer aplikasi android yang mulai mengembangkan aplikasi dengan fungsi serupa.

Beberapa aplikasi android yang telah berhasil dibuat dalam rangka untuk meminimalisir radiasi sinar biru pada layar smartphone bisa anda simak pada pembahasan berikut:

1. Midnight

Aplikasi android pertama yang bisa mengurangi radiasi sinar biru pada layar smartphone adalah Midnight. Aplikasi ini akan mengurangi intensitas cahaya dan melakukan filterisasi radiasi sinar biru.

Aplikasi juga bisa mengubah intensitas cahaya smartphone menjadi beberapa warna seperti hitam, kuning atau merah. Untuk mengaktifkan filter ini anda harus melakukan penjadwalan sendiri secara manual.

Satu hal yang menarik dari aplikasi Midnight ini adalah kemampuan untuk meredupkan layar secara otomatis ketika berada pada kondisi wilayah yang minim pencahayaan atau gelap.

2. My Eyes Protection

Aplikasi My Eyes Protection ini didesain secara khusus untuk melakukan filterisasi dan pengurangan radiasi smartphone terhadap mata. Jadi resiko seperti mata kelelahan akan diminimalisir.

Aplikasi bekerja dengan sangat sederhana, anda hanya perlu menggeser slide atau layar untuk memulai mengaktifkan penyaringan sinar biru.

Karena aplikasi ini memiliki sistem kerja yang sederhana, jadi anda tidak perlu melakukan penyesuaian penjadwalan filter dan penyesuaian warna.

3. Dimly

Aplikasi yang bernama Dimly ini juga tidak kalah dalam hal mengurangi radiasi pada smartphone android anda. Bahkan aplikasi ini sudah di rancang secara khusus untuk melakukan filter warna secara optimal.

Jika kebanyakan aplikasi filter kecerahan layar tidak bisa melakukan kontrol secara baik pada presentase kecerahannya, bahkan meredupkan layar smartphone, sehingga kita tidak bisa mengoperasikan smartphone secara baik.

Maka hal ini berbeda dengan menggunakan aplikasi Dimly ini, dengan adanya aplikasi ini maka anda tidak perlu khawatir lagi mengenai skala brightness. Sebab hanya dengan menggoyangkan smartphone saja, maka pengaturan kecerahan akan kembali seperti semula.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan filter sinar biru, yang mana fitur ini akan mengurangi radiasi pada smartphone android anda.

4. Twilight

Twilight adalah aplikasi yang tidak kalah dengan aplikasi filter warna lainnya. Aplikasi mempunyai kemampuan yang cukup optimal untuk mengurangi radiasi sinar pada layar smartphone.

Aplikasi ini dapat anda gunakan pada hampir semua jenis smartphone. Anda juga tidak perlu melakukan rooting pada smartphone android anda untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Namun sayang, aplikasi ini tidak bisa anda gunakan untuk mengatur level filter, jadi anda hanya bisa mengatur temperatur warna dan juga intensitas warna.

5. Night Screen

Aplikasi Night Screen tersedia secara gratis di Google Play Store, namun ada juga versi berbayarnya. Dimana versi berbayar ini memiliki banyak fitur yang lebih lengkap dari versi gratisnya.

Aplikasi ini mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaannya. Jadi anda tidak perlu mengatur filter secara manual untuk mengurangi radiasi.

Dengan menyeret pada pengaturan filter maka secara otomatis fitur utama dari aplikasi ini yaitu fitur pengurang radiasi sinar biru akan segera aktif.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai 5 aplikasi android untuk mengurangi radiasi sinar biru pada smartphone. Dengan menggunakan aplikasi diatas, maka efek buruk radiasi layar smartphone bisa diminimalisir.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru dari blog sederhana ini untuk mendapat artikel menarik lainnya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih, dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Leave a Reply