5 Emulator Android Terbaik Dan Ringan Untuk PC Dan Laptop

5 Emulator Android Terbaik Dan Ringan Untuk PC Dan Laptop

Untuk menjalankan program aplikasi atau game android pada perangkat PC atau laptop sebenarnya bukan hal yang mustahil. Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga, seperti menggunakan emulator.

Pengertian emulator dalam pembahasan kali ini, ialah sebuah software yang dibuat atau dikembangkan untuk menjalankan berbagai fitur dan layanan android di perangkat PC dan laptop.

Jadi dengan adanya emulator ini, maka anda dapat menjalankan layanan android, seperti menjalankan game dan aplikasi android di PC atau laptop.

Saat ini emulator yang ada sudah sangat banyak, anda bisa memilih sesuai keinginan anda.

Tapi agar anda tidak salah memilih emulator, maka saya telah menyediakan 5 rekomendasi emulator android terbaik yang bisa anda gunakan. Berikut ulasannya:

1. Memu Emulator APK

Emulator pertama yang akan kita bahas adalah Memu Emulator. Ini merupakan emulator untuk menjalankan OS android paling ringan di PC dan laptop.

Dengan menggunakan emulator ini maka anda dapat menjalankan berbagai jenis fitur dan layanan android layaknya anda menggunakan sistem operasi android asli.

Memu Emulator sendiri mengklaim bahwa ia merupakan emulator terbaik, paling ringan dan stabil yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat seperti PC, laptop, bahkan juga tablet.

Pernyataan diatas memang bukan sekedar omong kosong saja, karena Memu Emulator sendiri sudah di uji oleh ratusan bahkan jutaan orang didunia.

Sebagian besar dari mereka yang mengunakan emulator ini telah memberikan tanggapan yang positif.

Emulator ini sendiri masih menggunakan sistem operasi Jelly Bean yang memang sudah terlalu jadul untuk digunakan.

Namun hal ini pula yang menjadi faktor mengapa emulator ini sangat ringan saat digunakan.

2. Nox App Player

Nox App Player merupakan sebuah emulator paling ringan berikutnya yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda dalam menjalankan berbagai aplikasi dan game android di PC.

Ada banyak kelebihan dari emulator satu ini, diantaranya:

  • Mendukung processor AMD dan Intel
  • Mendukung sistem operasi Windows
  • Emulator menggunakan basic sistem operasi KitKat yang sangat ringan
  • Support perangkat tambahan Input/Output dan GamePad
  • Pengaturan resolusi layar yang sangat mudah
  • Dan penggunaan sumber daya RAM yang sedikit

3. Genymotion Emulator Android

Emulator berikutnya adalah Genymotion, ia merupakan emulator android paling ringan yang bisa anda jalankan di perangkat PC dan laptop.

Beberapa fitur dalam emulator ini sudah diperbaiki dan diperbarui seperti fitur OpenGL dan responsifitas emulator dengan perangkat PC.

Selain itu emulator ini juga memiliki dua versi yang berbeda, yaitu versi berbayar dan gratis. Untuk versi berbayar sendiri sudah jelas memiliki lebih banyak fitur dan kelebihan lain yang tidak ada di versi gratis.

Namun walaupun begitu, versi gratis dari Genymotion juga tidak kalah dengan versi berbayar.

Untuk versi gratis juga sudah cukup baik untuk digunakan dalam menjalankan aplikasi dan game android dengan sangat lancar.

4. Official Android SKD

Emulator ini sejatinya dikhususkan untuk para developer aplikasi android. Emulator ini sering digunakan untuk pengujian aplikasi untuk mengetahui apakah aplikasi yang dibuat sudah sesuai untuk dijalankan di android atau belum.

Namun tidak menutup kemungkinan pula, emulator ini bisa digunakan untuk kalangan umum. Ini karena sifat dari emulator ini yang sangat ringan dan lebih mudah digunakan dari kebanyakan emulator serupa.

Untuk ukuran atau size dari emulator ini memang cukup besar yaitu sekitar 1,6GB. Namun anda tidak perlu khawatir karena hal itu sebanding dengan kenyamanan yang akan anda dapatkan.

Official Android SDK sendiri tidak akan memakan terlalu banyak RAM apabila digunakan, jadi anda tidak perlu ragu untuk menggunakan emulator ini.

5. Droid4X

Emulator terakhir ini sebenarnya merupakan keluaran terbaru yang masih terus di kembangkan untuk menjadi emulator terbaik.

Namun walaupun begitu, emulator ini ternyata sudah mendapat banyak tanggapan positif dari para penggunanya.

Ada cukup banyak kelebihan yang ditawarkan oleh emulator satu ini, diantaranya:

  • Sudah terinstall Google Play Store
  • Support Drag and Drop apk
  • Mendukung penggunaan keyboard emulator
  • Ringan dan tidak terlalu membebani RAM

Penutup

Bagaimana sobat, emulator android manakah yang sekiranya pas dan cocok untuk digunakan pada perangkat PC anda? Sampaikan pendapat anda dalam komentar ya.

Oh ya saya juga siap menampung kritik dan saran mengenai ulasan diatas. Dan Juga bila anda ingin menambahkan emulator android lain bisa sekalian di sampaikan pada kolom komentar ya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Leave a Reply