3 Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu

3 Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu

Apakah anda berniat ingin membeli smartphone android baru? bekas atau second?

Lebih baik anda berhati-hati ketika ingin membeli smartphone android, baik itu yang masih baru maupun yang sudah bekas. Apalagi smartphone yang akan anda beli tergolong smartphone mewah.

Karena saat ini sedang marak-maraknya pemalsuan produk asli maka alangkah baiknya anda lebih waspada, dari pada anda mengalami kerugian akibat membeli barang palsu!

Lalu bagaimana cara agar kita bisa membedakan antara smartphone android yang asli dan yang palsu?

Dengan menggunakan 3 cara berikut, maka anda bisa dengan mudah membedakan smartphone yang asli dan palsu:

1. Cek Kondisi Fisik Smartphone

Hal utama yang paling mudah dilakukan dalam membedakan smartphone android yang asli dan palsu adalah dengan mengecek kondisi fisiknya.

Silahkan anda perhatikan baik-baik tampilan fisik smartphone android tersebut, lalu kemudian bandingkan dengan tampilan fisik smartphone resmi yang biasanya tersedia di website resminya.

Jika anda merasa bahwa smartphone android yang akan anda beli memiliki kondisi dan tampilan fisik yang sama dengan tampilan aslinya, maka silahkan anda perhatikan lebih detail lagi pada spesifikasi smartphone tersebut.

Kemudian bandingkan kembali spesifikasi-nya dengan spesifikasi resmi yang biasanya tersedia di website-website resmi.

Jika didalam website resmi tercantum bahwa smartphone android tersebut memiliki dual kamera, maka anda juga harus memastikan bahwa smartphone yang akan anda beli memiliki spesifikasi yang sama.

2. Cek Keaslian IMEI Smartphone

Langkah kedua dalam menentukan keaslian smartphone adalah dengan mengecek keaslian IMEI. IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity.

IMEI terdiri dari 15 digit angka, dimana angka ini bisa anda jadikan tolak ukur apakah smartphone yang anda punya asli atau palsu.

Nah dengan adanya IMEI ini, anda bisa mengetahui beberapa informasi dari smartphone anda, seperti pabrik pembuat ponsel, model ponsel, dan sebagainya.

Anda bisa melihat nomer IMEI pada smartphone android dengan masuk pada pengaturan atau bisa dengan menekan kombinasi *#06#.

Bagi anda yang ingin mengetahui keaslian smartphone android dengan IMEI pada dasarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengcopy 15 digit nomer IMEI dan kemudian memasukkan nomer tersebut di situs imei.info.

Jika smartphone android anda asli, maka situs tersebut akan menampilkan data yang berisikan spesifikasi yang sama dengan smartphone anda saat ini.

3. Memanfaatkan Aplikasi AnTuTu Officer

Mengecek keaslian smartphone juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Untuk mengeceknya anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama AnTuTu Officer.

Untuk langkah penggunaannya bisa anda lihat dibawah ini:

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasinya AnTuTu. Anda bisa mendapatkannya di Google Play Store ataupun di Google
  • Jika sudah, silahkan kunjungi situs y.antutu.com dengan menggunakan komputer/pc.
  • Scan kode barcode yang muncul di website tersebut dengan menggunakan aplikasi AnTuTu yang telah anda install sebelumnya
  • Dan secara otomatis data-data mengenai smartphone anda akan muncul.

Penutup

Itu dia 3 cara mudah membedakan smartphone android asli dan palsu. Dengan menerapkan ketiga cara diatas maka anda akan lebih berhati-hati dalam memilih smartphone.

Ketiga cara diatas bisa anda terapkan saat akan membeli smartphone android baru. Karena barang asli itu penting maka silahkan anda gunakan cara mudah diatas ya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Leave a Reply